Ngebrik dengan Zello Semakin Asyik


“Roger…!! Komandan izin merapat” begitu ucap saya meminta izin masuk channel jakarta.
“Roger dicopy… Iya bang Komandan silahkan merapat” salah satu dari mereka kemudian mempersilalkan saya untuk masuk dan bergabung dalam channel jakarta.
Dalam indikator terdapat 19 user online di channel jakarta tersebut. Satu persatu mereka mempergunakan channel untuk bergantian berbicara. Saya pun memperkenalkan diri sebagai newbie. Dan sambutan hangatpun mengalir.
Dari 19 user online tersebut tidak semua ikut berbicara. Hanya 3-5 orang yang aktif dalam pembicaraan di channel. Sementara yang lain hanya “memonitor” saja.
Demikian gambaran aktifitas Zello pertama saya. Kesan pertama ketika menggunakan aplikasi ini saya sangat kagum. Zello, aplikasi gratis yang dapat memanjakan usernya untuk komunikasi secara nyaman dan asyik. Zello dibuat persis seperti komunikasi Handy Talkie (HT).
Handy Talkie (HT) ini merupakan perangkat yang digunakan untuk komunikasi 2 arah yang menggunakan gelombang radio. Komunikasi HT ini sempat menjadi populer dan trend di era tahun 80-an. Bahkan seingat penulis, seorang musisi kenamaan kala itu, Farid Hardja, sempat membuat lagu terkait HT ini. Lagu itu berjudul “bercinta di udara” (kalau tidak salah, pernah dinyanyikan warkop DKI dalam sebuah filmya).


Hingga kini, penggunaan perangkat HT masih banyak dimanfaatkan untuk berbagai komunikasi. Namun, ditengah gencarnya komunikasi handphone (HP) yang semakin merakyat, HT semakin berkurang.
Beberapa keunggulan HT jika dibanding dengan komunikasi via handphone adalah sebagai berikut:

  1. 1.       HT merupakan komunikasi berbasis gelombang radio yang gratis dan tidak perlu melakukan isi pulsa. Inilah keunggulan HT yang tidak bisa diperoleh perangkat komunikasi lain.  
  2. 2.       Karena menggunakan jalur gelombang radio yang lebih rendah. Kekuatan signal HT cukup bisa diandalkan untuk jarak yang dekat, dan tidak terganggu dengan faktor alam. Oleh sebab itu, HT masih banyak dimanfaatkan oleh tim SAR di daerah-daerah bencana alam.
  3. 3.       HT bisa digunakan secara serempak dalam sebuah tim (Broadcash). Dalam satu jalur gelombang bisa digunakan oleh beberapa orang secara bersamaan. Adapun jumlahnya tidak terbatas asal masih dalam jangkauan signalnya. Tinggal diatur saja giliran untuk berbicara dan memonitor.

Untuk mempunyai perangkat HT saat ini, anda harus merogoh kocek cukup lumayan. Untuk satu perangkat HT harganya bisa mencapai 500 ribu sampai dengan 4 juta rupiah. Tergantung spesifikasi dan kualitas perangkat HT tersebut. Jika untuk sekedar komunikasi biasa mungkin anda bisa mencari perangkat HT pabrikan china yang relatif murah. 500 ribu sampai 1 juta sepertinya sudah banyak beredar di pasaran.
Bagi anda yang mempunyai hobi komunikasi HT, sekarang telah hadir sebuah aplikasi yang mengadopsi sistem dan kerja perangkat HT. Aplikasi ini bernama ZELLO. Zello merupakan aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk ber-HT ria.
Aplikasi ini menggunakan jaringan internet untuk berkomunikasi. Aplikasi Zello ini bisa dijalankan di berbagai OS, mulai dari android, Blackberry, Apple, dan PC.
Kelebihan dari aplikasi Zello adalah sebagai berikut:

  1. 1.       Gratis dan mudah digunakan di berbagai perangkat OS
  2. 2.       Komunikasi ringan, seperti yang diungkapkan oleh  para user zello tetap lancar digunakan di jaringan internet HSDPA, 3G, UMTS, atau GPRS.
  3. 3.       Semua komunikasi dibuat persis seperti HT asli
  4. 4.       Bisa menjangkau lebih luas melebihi dari HT sebenarnya. Jika HT hanya mampu menjangkau kurang lebih 3km. Zello menjangkau seluruh dunia yang terdapat akses internetnya. Tuh menarik kan.

Demikian review singkat soal aplikasi zello. Langsung saja untuk mendownload aplikasi ini dapat diunduh gratis di situs resminya ZELLO.COM
NB: jangan lupa add user ID: komandan_intel heee

About klisin

Check Also

Tips Menjaga Konsistensi Menulis

Aktivitas menulis bagi sebagian orang adalah aktivitas yang sangat berat. Namun bagi sebagian orang lain …

6 comments

  1. aku sangat menyukai aplikasi ini, tapi gimana cara menggunakan canel HT mas….kami dari palembang

  2. @Must terikamasih kunjungannya mas, sepertinya belum bisa connect ke jaringan HT mas

  3. KISAH SUKSES Erviendy ; lolos PNS guru lingkungan PEMDA lampung

    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 12 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 45 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk JOKO SUTRISNO Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Dr.Drs.JOKO SUTRISNO,Ms Tlp:0823-21677798 Siapatau Beliau Masih Bisah Bantu.

  4. sangat menarik gan, sempat install nih aplikasi, tapi lama tak tersentuh, sepertinya ingin kusentuh lagi ni Zello .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *