5 Cara Meningkatkan Kualitas Menulis Bahasa Inggris

Bagi anda penulis, jurnalis atau hanya sekedar blogger dan orang yang suka hobi menulis. Tentunya akan senang jika tulisan kita bisa dibaca oleh banyak orang, terlebih oleh orang luar negeri.

Namun untuk menulis dengan menggunakan bahasa inggris tentunya banyak kesulitan dan kendala. “Menulis dengan menggunanakan bahasa Indonesia saja masih susah, apalagi dengan bahasa inggris” kata salah seorang teman saya sambil mengeluh.
Memang hidup itu tidak semudah membalikkan telapak kaki.
Tapi berusahalah dan melangkah terus, semoga membantu.
Ini 5 Cara Meningkatkan Menulis Bahasa Inggris

1. Tingkatkan perbendaharaan kata anda (Improve your vocabulary)
Kalimat adalah untaian kata. Jika anda menguasai banyak kata, mengetahui definisinya dan bisa menggunakan dengan tepat, betapa bagusnya tulisan anda. Anda dianggap mengerti bagaimana mengungkapkan ide, mempengaruhi orang dan membuat pembaca mengerti dan memahami maksud anda. Tip: Jika anda menemukan kata baru, cari definisinya dan temukan padanan kata (sinonim) dan lawan kata (antonym) dari kata tersebut.

2. Kembangkan kemampuan ejaan 
Mengetahui banyak kata harus juga diiringi dengan ejaannya. Anda harus tau bagaimana cara mengeja kata tersebut dengan baik. Ejaan yang tidak benar bisa membuat pembaca salah mengerti. Banyak confused word yang bisa membuat anda bingung (juga pembacanya). Ada homophone seperti “bear” dan “bare”. Cara pengucapannya sama, tapi “bear” = beruang dan “bare” berarti telanjang. Kembali ke poin #1, kesalahan dalam mengeja bisa membuat pembaca salah mengerti tulisan anda.
Tip: Selalu cek kembali dengan kamus jika ragu.

3. Banyak Membaca 
Banyak membaca tulisan dalam bahasa Inggris juga membantu anda meningkatkan kemampuan anda. Itu membuat anda mendapat ide/contoh bagaimana menyusun kalimat yang baik serta menggunakan kata dengan tepat. Juga bagaimana mengungkapkan opini dengan baik.
Tip: Pilih buku, artikel yang menarik buat anda. Sehingga anda tidak gampang bosan dan mendapat pengetahuan baru.

4. Perhatikan Tata Bahasa (Watch our grammar)
Tata bahasa adalah serangkaian tata aturan bahasa. Ini juga penting karena tanpa tata bahasa, tulisan anda jadi tidak bermakna, acak kadut dan mengesankan tidak terpelajar.
Tip: Pelajari, pahami dan terapkan tata bahasa dengan benar diantaranya aturan tenses. Juga, gunakan tanda baca dengan tepat sehingga tulisan anda nyaman dibaca dan mudah dipahami.

5. Menulis
Menulis mungkin menjemukan bagi sebagian orang. Sedangkan buat sebagian yang lain, itu adalah pekerjaan yang menyenangkan karena bisa berbagi pada sesama, seperti blogger. Sebagian yang lain mengatakan menulis adalah kewajiban, seperti full time writer, ato jurnalis.
Tip: jika anda ingin meningkatkan kualitas tulisan anda, tidak ada jalan lain kecuali mulai menulis tentang apa saja baik dengan cara menulis dengan pena di atas kertas. Ato menulis dengan keyboard di depan komputer. 

About klisin

Check Also

Tips Menjaga Konsistensi Menulis

Aktivitas menulis bagi sebagian orang adalah aktivitas yang sangat berat. Namun bagi sebagian orang lain …

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *