Review Website: Kebebasaninformasi.org

Keterbukaan informasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses demokrasi di suatu negara. Bisa dikatakan salah satu indikator keberhasilan demokrasi adalah keterbukaan informasi publik. Karena dalam negara demokrasi informasi publik harus terbuka dan dapat diakses oleh masyarakat umum.
Salah satu contoh sederhana adalah penggunaan dana negara (APBN atau APBD). Pemerintah sebagai pemegang penuh kuasa untuk melaksanakan program dari sumber dana tersebut wajib memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat umum penggunaan dana tersebut.
Jadi, keterbukaan informasi menjadi sangat penting mengingat beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. 1.       Keterbukaan informasi adalah hak masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Undang-undang yang terdiri dari 64 pasal ini pada intinya memberikan kewajiban kepada setiap Badan Publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi publik.
  2. 2.       Keterbukaan informasi menjadi kontrol pelaksana badan publik. Dengan adanya kontrol ini maka badan publik diharapkan bekerja secara profesional
  3. 3.       Keterbukaan informasi menjadi pembelajaran masyarakat. Masyarakat perlu mengetahui sejauh mana sebuah program berjalan sesuai dengan rencana atau tidak. Masyarakat juga mengetahui arah suatu program atau kebijakan baik atau buruk.
  4. 4.       Keterbukaan informasi menjadi alat untuk meminimalisir tindakan korupsi.

Kebebasaninformasi.org adalah salah satu website yang sangat bermanfaat. Website yang dibuat atas kerjasa Indonesian Parliamentary Center (IPC) dan Yayasan TIFA tersebut menjadi media informasi sekaligus korespondensi terhadap proses berjalannya keterbukaan informasi di seluruh wilayah indonesia.
Secara sekilas website ini menampilkan beberapa kasus persoalan keterbukaan informasi baik dalam skala nasional maupun di daerah. Hal tersebut bisa dilihat dari tampilan frontpagenya yang terdapat dua panel nasional dan daerah.
Kebebasaninformasi.org juga mengungkap beberapa kisah sukses lembaga atau individu yang mengorek keterbukaan informasi publik di beberapa daerah. Informasi seperti ini sungguh sangat bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi untuk daerah lain.
Selain itu juga ada beberapa menu lain yang  tidak kalah bermanfaat seperti opini dari para pakar soal keterbukaan informasi. Ada juga video, live streaming, twitter, dan facebook sebagai sarana berkomunikasi para pengunjung website.

Semoga kehadiran situs seperti kebebasaninformasi.org ini mampu menopang kehidupan demokrasi di Indonesia menjadi lebih baik. Semoga!!!

About klisin

Check Also

“Disindir” Mendagri, Ini Jawaban Jokowi

Kebiasaan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melakukan blusukandengan waktu yang serba mendadak menuai kritik pedas. Meski …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *