Perpustakaan Online Sediakan 1,5 Juta Buku Gratis/1,5 Juta Ebook Gratis

Penyediaan literatur gratis yang bebas diakses secara online kembali disemarakkan dengan dirilisnya situs Universitas Library hasil dari The Million Book Project.
Inisiatif yang dipelopori Universitas Carnegie Mellon di AS, Universitas Zhejiang China, Institut Sains India, dan Perpustakaan Alexandria Mesir telah selesai menyalin lebih dari 1,5 juta judul buku dalam format digital dan dipublikasikan online di www.ulib.org.
“Setiap orang yang terhubung ke Internet kini dapat mengakses koleksi buku yang sebanding dengan perpustakaan universitas besar,” ujar Raj Reddy, profesor ilmu komputer dan robotika di Universitas Carnegie Mellon yang memelopori proyek ini.
Meski tujuan proyek ini adalah menyediakan akses tak terbatas melalui Internet, sekitar setengahnya masih dilindungi hak cipta. Baru sekitar sepuluh persen buku-buku dengan hak cipta yang telah memperoleh izin untuk dapat dikases cuma-cuma.
Namun, setidaknya minimal setengah dari koleksi buku atau lebih dari 750.000 judul yang disediakan bebas hak cipta sehingga dapat diakses penuh. Sebagian koleksi merupakan buku-buku langka bahkan tak terlacak pengarangnya. .
Sebagian besar proses pemindaian, penyusunan, dan pengategorian telah dilakukan di beberapa lokasi di China dan India. Dana yang telah dihabiskan mencapai 10 juta dollar AS. Proyek yang dimulai tahun 2002 masih akan terus diperluas dan saat ini rata-rata 7.000 buku dipindai setiap hari dengan melibatkan lebih dari 1.000 tenaga kerja di seluruh dunia.
Literatur gratis dengan media Intrenet telah dipelopori Proyek Gutenberg. Yahoo dan Google juga sedang membangun layanan serupa bekerja sama dengan penerbit dan universitas-universitas besar.

Sumber: Physorg – kompas.com
Penulis: Wah

About klisin

Check Also

Tips Menjaga Konsistensi Menulis

Aktivitas menulis bagi sebagian orang adalah aktivitas yang sangat berat. Namun bagi sebagian orang lain …

3 comments

  1. KISAH SUKSES Erviendy ; lolos PNS guru lingkungan PEMDA lampung

    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 12 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 45 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk JOKO SUTRISNO Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Dr.Drs.JOKO SUTRISNO,Ms Tlp:0823-21677798 Siapatau Beliau Masih Bisah Bantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *